• Minggu, 29 Januari 2023

Rekreasi Goa Nguwik di Kaligesing Kabupaten Purworejo Sebagai Tempat Ditemukan Fosil Berumur Ribuan Tahun

- Kamis, 1 Desember 2022 | 20:50 WIB
Ilustrasi keindahan goa Nguwik di Kaligesing Purworejo (Sumber Instagram @mahreen_pnbyk)
Ilustrasi keindahan goa Nguwik di Kaligesing Purworejo (Sumber Instagram @mahreen_pnbyk)

 

KLIKINDONESIA.CO.ID - Goa Nguwik sebagai salah satu rekreasi alam yang pantas masuk referensi bila Anda pilih liburan ke Kabupaten Purworejo, Jawa tengah.

Walau tidak mempunyai pelintasan sejauh Goa Sikantong, goa ini menarik karena jadi tempat ditemukan beberapa fosil berumur ribuan tahun.

Di awal bulan Juni warga Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo mendapati banyak bagian fosil di Gua Nguwik. Gua Nguwik sendiri merupakan sebagai salah satu objek rekreasi alam yang ada di Purworejo.

Baca Juga: Tingkatkan Peran Kelembagaan, LK3 Asa Mekar Purworejo Study tiru ke Semarang

Gua ini sebetulnya telah ada dari dahulu tapi baru dibuka sebagai tempat rekreasi belum lama ini. Fosil-fosil yang diketemukan di gua Nguwik datang dari beberapa macam hewan tetapi mayoritas fosil itu diduga sebagai bagian dari rangka badak.

Fosil badak itu relatif komplet terbagi dalam bagian mandibula sinistra (rahang bawah samping kiri) dengan beberapa gigi yang melekat, bagian gigi bawah, beberapa gigi atas, cranium (tengkorak), vertebrae (tulang belakang), pelvis (tulang panggul, costae (tulang rusuk) dan tulang kaki. Fosil sebetulnya dalam kondisi kuat dan tidak ringkih tapi patah jadi banyak bagian karena proses penyelamatan yang memakai perlengkapan seadanya dan tempat penemuan yang berada jauh di dalam goa hingga merepotkan proses penyelamatan.

Untuk memperoleh hasil analitis yang lebih tentu dibutuhkan penelitian selanjutnya pada bagian fosil yang diketemukan itu mengingat fosil itu sudah patah jadi banyak bagian. Analitis kelanjutan dibutuhkan untuk ketahui dengan tentu apa bagian fosil yang diketemukan itu datang dari 1 individu atau lebih dari 1 individu, khususnya pada fosil selain gigi.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Daun Antanan yang Berkhasiat untuk Kesehatan, Salah Satunya Menyembuhkan Penyakit Kulit

Disamping itu perlu dilaksanakan dating (penetapan usia) untuk ketahui umur dari fosil-fosil itu. Badak sendiri ialah hewan herbivora yang makan beragam tipe tumbuhan khususnya bagian ranting, daun dan buah yang sudah luruh. Badak hidup di padang rumput terbuka dengan semak beberapa pohon yang tidak besar, dan ada kolam lumpur dan air asin

Halaman:

Editor: Agus Sulistya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X