• Jumat, 2 Desember 2022

Asal Usul Adanya Kecap Manis di Indonesia yang Berasal dari Tiongkok

- Jumat, 18 November 2022 | 21:15 WIB
Ilustrasi kecap asin (Sumber : Pixabay)
Ilustrasi kecap asin (Sumber : Pixabay)

KLIKINDONESIA.CO.ID - Sebenarnya kecap manis bukan produk bumbu penyedap asli Nusantara, tetapi bumbu penyedap ini benar-benar dicintai oleh warga Indonesia. Kecap manis sebagai salah satu bumbu yang umum berada di kulineran Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Rasanya yang manis dan gurih membuat kecap manis sering jadi penyedap kudapan, seperti bakmi, bakso, siomay, batagor, bubur ayam, sampai gado-gado.

Awalnya beberapa pedagang Tiongkok yang datang ke Indonesia membawa berbagai barang yang hendak diganti dengan berbagai hasil bumi dan olahan ciri khas Indonesia. Salah satunya barang yang dibawa dalam ekspedisi itu ialah kecap asin (soy sauce) atau ke'tsiap.

Baca Juga: Sudah Dibongkar Ratusan Rumah Penerima Bantuan Perbaikan RTLH 2022 di Purworejo Batal Cair

Ke'tsiap (kecap asin) dibawa oleh beberapa orang Tionghoa sampai di Teluknaga, Tangerang, sekitaran abad ke-16. Mereka mengenalkannya pada warga setempat. Tetapi, sedikit yang menyenangi cita-rasa kecap asin. Pada akhirnya terjadi akulturasi budaya, beberapa orang Tionghoa itu menambah gula kelapa atau gula aren ke kecap asin hingga rasanya beralih menjadi kecap manis yang sesuai dengan selera warga pribumi yang menyukai makanan manis.

Penyebutan ke'tsiap juga diganti jadi kecap karena penyuaraannya yang susah. Rasa kecap juga berkembang sesuaikan hasrat warga Indonesia. Oleh sebab itu, dapat dikatakan kecap manis sebagai hasil persilangan budaya lokal dan Tiongkok seperti dikutip dari berbagai sumber.

Sejarah kecap di Indonesia berlanjut dengan dibuatnya pabrik kecap pertama di tanah air pada 1882. Persisnya, ada di Pasar Lama, Tangerang.

Baca Juga: GPK Jateng Siap Kawal dan Mendukung Anies Baswedan Jadi Presiden 2024

Pabrik ini dikelola oleh Teng Hang Soey. Sampai sekarang, pabrik kecap paling tua di Indonesia itu tetap bekerja. Brand-nya juga berbeda dari Teng Giok Seng jadi Kecap Benteng Cap Istana. Kecap Benteng Cap Istana ialah merk kecap paling tua di Indonesia.

Halaman:

Editor: Agus Sulistya

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X