• Minggu, 29 Januari 2023

Tips Mencegah Anak Telat Berbicara dan Langkah Orang-tua untuk Merangsang Anak Bicara

- Rabu, 16 November 2022 | 21:17 WIB
Orangtua saat mengajari anaknya berbicara (Sumber : Pixabay)
Orangtua saat mengajari anaknya berbicara (Sumber : Pixabay)

KLIKINDONESIA.CO.ID - Untuk seorang ayah dan ibu, apa Anda tahu pada umur berapakah baiknya anak bisa mulai berbicara. Secara umum seorang anak mulai akan bicara di umur 6-12 bulan, yang awalnya ialah kalimat yang didengar acak dan tidak memiliki makna.

Sementara untuk dapat menyusun 2 sampai 4 kata, umumnya berjalan paling cepat di rentang umur 18 bulan sampai dua tahun. Pada intinya tiap anak mempunyai tumbuh berkembang yang tidak sama di antara satu sama yang lain, termasuk dalam soal kekuatan berbicara, tiap anak mempunyai waktunya masing-masing.

Baca Juga: Mitos Konsumsi Nanas Saat Hamil Bisa Menggugurkan Kandungan, Berikut Penjelasannya

Ada anak yang baru berumur satu tahun tetapi mulai lancar bicara satu, dua atau bahkan juga tiga patah kata, tetapi cukup banyak anak yang telah berumur dua tahun baru memulai dapat satu dua kata.

Seorang anak disebutkan telat berbicara bila pada umur tiga tahun dia tidak dapat berbicara secara lancar, disamping itu jika anak itu pun tidak memberi respon kalimat dari pihak lain khususnya orangtua yang tiap hari dengannya.

Berikut sejumlah tips untuk mencegah anak telat berbicara yang dapat dilaksanakan orangtua untuk merangsang kekuatan bicara yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga: 4 Pelaku Curanmor Berhasil Ditangkap oleh Anggota Polsek Sukolilo Surabaya dan Dihadiahi Timah Panas

1. Mengajukan Pertanyaan

Coba menanyakan ke anak mengenai benda yang Anda tunjuk, meminta dia untuk menggambarkan benda itu, misalkan bunga, daun, pohon, meja, bangku atau pesawat terbang. Dimulai dari pertanyaan simpel, "itu namanya apa, ya?"

Halaman:

Editor: Agus Sulistya

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X