• Minggu, 29 Januari 2023

Bandara Banyuwangi Jadi Salah Satu Tempat Parkir Pesawat KTT G20 di Bali

- Sabtu, 12 November 2022 | 14:19 WIB
Hercules A-1338 dan A-1317 milik TNI Angkatan Udara (Foto : Ist)
Hercules A-1338 dan A-1317 milik TNI Angkatan Udara (Foto : Ist)

KLIKINDONESIA.CO.ID - Bandara Banyuwangi akan jadi tempat parkir beberapa pesawat untuk kepentingan forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November mendatang.

"Rencananya, nanti ada 6 pesawat delegasi yang hendak parkir di sini. Rinciannya 5 pesawat dari Cina, 1 pesawat info terakhir dari India. Nanti masih menunggu info selanjutnya," sebut Letnan Kolonel Pnb Wisnu Aji Prabowo, Dansatgasud Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (11/11/2022).

Wisnu menjelaskan, 6 pesawat delegasi itu akan landing di Bali. Karena kemampuan parkir pesawat di Bali terbatas, seterusnya 6 pesawat itu akan RON (Remain Over Night) atau parkir di Bandara Banyuwangi.

Baca Juga: Polres Tanjung Perak Sukses Tangkap Maling Motor Spesialis Kost-kosan di Surabaya

"Pesawat delegasi nanti akan turun di Bali. Karena pesawatnya tidak dapat ron di Bali. Selanjutnya geser kesini untuk ron di sini, karena kemampuan di Bali terbatas sekali," jelasnya.

Untuk saat ini, ada dua pesawat Hercules A-1338 dan A-1317 milik TNI Angkatan Udara, mulai datang pada jam 13.45 WIB, di Bandara Internasional Banyuwangi. Pesawat Hercules TNI AU itu membawa puluhan pasukan yang sebelumnya masih ada di unit masing-masing. Pesawat itu terhitung mengangkut beberapa barang peralatan selama pelaksanaan KTT G20 untuk kepentingan bantuan kendali operasi (BKU) di Banyuwangi.

"Sekarang ini sifatnya masih pergeseran pasukan. Beberapa yang kemarin belum juga tergelar. Tetapi untuk sekarang ini semua pasukan telah tergelar di Bandara Banyuwangi. Keseluruhan ada 150 pasukan," ungkap.

Baca Juga: TMMD Sengkuyung Tahap III di Kabupaten Purworejo Resmi Ditutup

Wisnu menyebutkan, pada Sabtu (12/11/2022) esok, bakal ada satu pesawat Casa C-295 yang akan landing di Bandara Banyuwangi. Pesawat Casa C-295 itu dikeluarkan untuk melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Agus Sulistya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X