• Minggu, 29 Januari 2023

Prodi Ilkor UMBY Lakukan Screening Kondisi Fisik Atlet Tinju Bantul

- Kamis, 1 September 2022 | 08:25 WIB
12 atlet tinju Kabupaten Bantul yang akan berlaga di Porda XVI DIY menjalani tes fisik di hall indoor Kampus I Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), (Foto : Artama)
12 atlet tinju Kabupaten Bantul yang akan berlaga di Porda XVI DIY menjalani tes fisik di hall indoor Kampus I Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), (Foto : Artama)

KLIKINDONESIA.CO.ID - Sebanyak 12 atlet tinju Kabupaten Bantul yang akan berlaga di Porda XVI DIY menjalani tes fisik di hall indoor Kampus I Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Rabu (31/08/2022).

Program Studi Ilmu Keolahragaan (Ilkor) Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY bekerjasama dengan KONI Bantul melakukan tes fisik bagi atler tinju. Test fisik yang dijalani atlet tinju ini antara lain side step agility test, power tungkai, power lengan dan Vo2max.

Baca Juga: Kak Seto Menjadi Buah Bibir Netizen Karena Semangat Memberikan Dukungan kepada Anak Ferdy Sambo

"Kondisi fisik menjadi salah satu dasar bahkan modal utama atlet dalam mengawali olahraga. Karena kondisi fisik menjadi screening awal para atlet dalam mempersiapkan perfoma dalam olahraga yang dilakukakan" jelas Kepala Prodi Ilkor UMBY, Ardhika Fallahudin, baru-baru ini.

Ditambahkannya, atler harus selalu fit. Jika kondisi fisik.buruk tentu akan berpengaruh pada capaian presatasi atlet yang kurang maksimal. Di mana kondisi fisik memiliki peranan pokok dalam berbagai jenis olahraga, salah satunya olahraga tinju.

Baca Juga: Sepintas Ulasan Singkat Mengenai Ormas Bravo Lima yang Menangkan Jokowi Selama Dua Periode

Menurut Ardhika, olahraga tinju membutuhkan akurasi pukulan dan koordinasi yang baik antara tangan dan mata. Sehingga atlet wajib menjaga dan mengatur ritme setiap serangan dan pertahanan untuk mencapai prestasi terbaik. Tak pentingnya dengan didukung fisik yang baik.

"Diharapkan dsngan adanya tes ini bisa membantu atlet dan pengurus dalam meningkatkan perfoma dan prestasi maksinal dan mencapai target diharapkan. Yakni juara umum Porda" pungkas Ardhika.(art)

Editor: Agus Sulistya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenapa Wanita Harus Rajin Olahraga? Berikut Alasannya

Jumat, 14 Oktober 2022 | 12:41 WIB
X