• Sabtu, 2 Juli 2022

Jauhi Jadi Haji Mardud dan Ketahui Ciri-cirinya Berikut

- Jumat, 24 Juni 2022 | 03:45 WIB
Ilustrasi beberapa bahkan juga ada yang beribadah hajinya ditampik oleh Allah. Berikut beberapa ciri haji mardud. (Sumber : Pixabay)
Ilustrasi beberapa bahkan juga ada yang beribadah hajinya ditampik oleh Allah. Berikut beberapa ciri haji mardud. (Sumber : Pixabay)

KLIKINDONESIA.CO.ID - Orang yang harus melakukan haji ialah beberapa orang dari kelompok yang sanggup, tetapi sayang, tidak semuanya orang dari kelompok itu menjadi haji mabrur. Beberapa bahkan juga ada yang beribadah hajinya ditampik oleh Allah. Berikut beberapa ciri haji mardud.

Saat sebelum ketahui beberapa ciri haji mardud, tentu Anda bertanya apakah itu haji mardud? Haji mardud atau haji maz'ur ialah musuh kata dari haji makbul atau haji yang diwujudkan, yang kerap kita sebutkan dengan istilah haji mabrur.

Maka haji mardud ialah haji yang ditampik ibadahnya Allah karena banyak digabungi dosa dan segala hal yang didapatkan secara haram, misalkan pergi haji dengan uang dari usaha haram atau korupsi. Lalu, seperti apakah beberapa ciri haji mardud?

Baca Juga: Berikut Kelebihan Air Zamzam dan Bacaan Doa Saat Meminum

Bahkan juga disebut jika tidak ada pahala untuk beberapa orang yang kerjakan haji hasil dari yang haram. Dalam kasus haji semacam ini, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"…Ketika orang haji dengan nafkah haram keluar, selanjutnya berseru: Saya tiba penuhi panggilan-Mu, karena itu hadirlah jawaban dari langit: Tidak, kamu tidak penuhi panggilan, perbekalanmu haram, nafkahmu haram, hajimu penuh dosa, tidak berpahala."

Nabi Muhammad SAW dalam sabda lain-nya, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam muslim, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga: Hukum Orang yang Belum Melakukan Beribadah Haji Tetapi Telah Diundang Haji atau Hajah

"Tidak ada talbiyah buatmu dan tidak ada juga peruntungan atasmu karena makananmu haram, bajumu haram dan hajimu ditampik."

Halaman:

Editor: Agus Sulistya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Ojol Saat Terima Order Fiktif Menurut Islam

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:04 WIB
X