• Sabtu, 2 Juli 2022

Hukum Orang yang Belum Melakukan Beribadah Haji Tetapi Telah Diundang Haji atau Hajah

- Jumat, 24 Juni 2022 | 03:26 WIB
Salah satunya kekhasan jemaah Haji Indonesia ialah selesai mereka menjalankan rukun Islam yang ke-5 ini mereka mendapatkan gelar baru yakni haji. (Sumber : Pixabay)
Salah satunya kekhasan jemaah Haji Indonesia ialah selesai mereka menjalankan rukun Islam yang ke-5 ini mereka mendapatkan gelar baru yakni haji. (Sumber : Pixabay)

KLIKINDONESIA.CO.ID - Salah satunya kekhasan jemaah Haji Indonesia ialah selesai mereka menjalankan rukun Islam yang ke-5 ini mereka mendapatkan gelar baru yakni haji. Hingga tetangga kanan kirinya juga panggil mereka dengan panggilan yang ditambahkan dalam kata haji yang lelaki, dan kata hajjah yang wanita.

Hal tersebut tidak permasalahan, karena panggilan itu sesuai apa yang sempat dia kerjakan. Tetapi, berlainan dengan panggilan haji untuk orang yang belum pernah melakukan beribadah haji, pasti hal tersebut tidak sesuai realita yang ada, hingga beberapa ulama mengatakan haram karena dipandang bohong.

Syaikh Abu Dawud Sulaiman bin Umar Al-Ujaili Al-Jamal dalam kitab kreasinya yang namanya Futuhat Al-Wahhab terbagi dalam 8 jilid sebagai keterangan kitab Syarah Manhaj Ath-Thullab punya Sultonul Ulama Syaikh Zakaria Al-Anshari:

Baca Juga: Kisah Abdullah Jadi Haji Mabrur Tetapi Tidak Sampai Tanah Suci

وقع السؤال مما يقع كثيرا فى مخاطبة الناس بعضهم مع بعض من قولهم لمن لم يحج يا حاج فلان تعظيم له... هل هو حرام ام لا والجواب عنه ان الظاهر الحرمة لانه كذب.

Maknanya: Ada sebuah pertanyaan dari banyak kejadian yang terjadi dalam masyarakat, yakni panggilan mereka ke orang yang lain belum melakukan haji, mereka panggil mereka dengan panggilan "wahai haji fulan", mereka lakukan itu mempunyai tujuan untuk agungkan. Apa hukumnya haram atau mungkin tidak? Jawaban karena itu ialah sebenarnya yang terang itu haram, karena bohong.

Karena itu perlu waspada memakai panggilan itu, jangan asal-asalan. Tetapi, masih juga dalam kitab Futuhat Al-Wahhab yang dikenali dengan panggilan Hasyiah Sulaiman Al-Jamal pada jilid dan halaman yang serupa diterangkan, panggilan haji ke orang yang belum haji dibolehkan dengan beberapa catatan.

Baca Juga: Personalitas Weton Sabtu Legi yang Perlu Anda Cermati

ان اراد بيا حاج فلان المعنى اللغوى وقصد به معنى صحيحا كان أراد بيا حاج يا قاصد التوجه الى كذا كالجماعة او غيرها فلا حرمة اهـ ع ش

Halaman:

Editor: Agus Sulistya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Ojol Saat Terima Order Fiktif Menurut Islam

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:04 WIB
X